Dalam Atensi Rehabilitasi Sosial KPN, setiap klien berupaya memaksimalkan dan menuntaskan berbagai menu pelayanan sosial yang diikuti/dijalani. Bersama bimbingan dari pendamping sosial (Pekerja Sosial dan Konselor) di LKS/IPWL. Diantara upaya berkelanjutan yang disiapkan dan dibangun adalah (rencana) agenda setiap klien selesainya mengikuti program rehabilitasi sosial.

Satu diantara contoh penyiapan klien agar selesainya dari ikutserta program rehabilitasi; dan kembali ke lingkungan sosialnya yaitu keluarga dan masyarakat adalah berlatih dan berpraktik mengeluti atau mengelola usaha. Memiliki kegiatan positif dan produktif. Klien/KPN, ada diantaranya yang dibantu akses untuk berwirausaha roti. Terdapat pula Klien/KPN sebagai barista mengelola kedai kopi beserta kuliner khas.

Tentu…! Masih dibutuhkan bantuan dan dukungan. Klien/KPN yang berada dalam kondisi pulih; agar tetap mempertahankan kepulihannya (dan tidak lapse dan relapse) seyogyanya disokong dan dibantu baik moril maupun materil. Spirit dan motivasi harus tetap hadir pada setiap klien. Keluarga, kelompok masyarakat, dunia usaha maupun pemerintah diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk kelangsungan kehidupan “normal” para klien ini.

2 COMMENTS

  1. Peran serta seluruh komponen Masyakat ,Ormas, Instansi Pemerintah, , Media dan Perusahaan Swasta maupun BUMN menjadi Mutlak sangat penting untuk m

    • Agen Pemulihan yang berlatar belakang Recovery Adics , menjadi Ujung tombak di Masyarakat dalam Mewujudkan Desa Bersinar , dan sudah harus mulai membuat Pormula Layanan Berbasis Masyarakat Dengan mulai Mencoba membuat Home groups demi mempasilitasi Pemulihan Berbasis Masyarakat yang akan dilaksanakan Di setiap Desa Desa.
      Agen Pemulihan juga adalah sebagai Fasilitator dalam membantu Masyarakat untuk mendapatkan Akses Layanan Rehabilitasi baik yang Berbasis Masyarakat , Berbasis Institusi atau Berbasis Keluarga , seperti yang amanat dari ATENSI Kemensos RI

LEAVE A REPLY